IDENTITY FORMATION OF COLLEGE STUDENTS USING INSTAGRAM SOCIAL MEDIA (STUDY ON THE ACCOUNT @UNIVRABHITS)

  • Nurul Mustaqimmah UNIVERSITAS ABDURRAB
  • Muhammad Arif Communication, Abdurrab University
  • Nadya Suhendra Communication, Abdurrab University

Abstract

Kehadiran media sosial instagram sebagai sarana komunikasi dan informasi memberikan perubahan dalam kehidupan bermasyarakat. Instagram digunakan sebagai tempat untuk mengungkapkan identitas seseorang. Identitas seseorang di instagram membuat mereka menunjukkan gaya hidup, fashion, hobi dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan identitas diri mahasiswa Univrab di media sosial instagram? Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik dengan 3 indikator penting dengan mead yaitu pikiran, diri dan masyarakat sebagai pisau analisis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembentukan identitas diri mahasiswa univrab  dilakukan dengan cara menjadi dirinya sendiri dan ada yang meniru individu lain. Proses pembentukan identitas diri ini juga dilakukan dengan pola pikir yang kreatif, mahasiswa berusaha untuk meningkatkan konten atau mengutamakan konten yang menarik, konten tersebut terkait dengan kegiatan kampus agar admin lebih sering melihatnya sehingga bisa mendapatkan repost. Disarankan kepada mahasiswa agar dapat menggunakan penelitian ini sebagai pemahaman, edukasi, dan pengembangan diri terkait pembentukan identitas diri di media sosial instagram.

Published
2023-06-28
How to Cite
MUSTAQIMMAH, Nurul; ARIF, Muhammad; SUHENDRA, Nadya. IDENTITY FORMATION OF COLLEGE STUDENTS USING INSTAGRAM SOCIAL MEDIA (STUDY ON THE ACCOUNT @UNIVRABHITS). Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 15-24, june 2023. ISSN 2656-4718. Available at: <http://ranahkomunikasi.fisip.unand.ac.id/index.php/rk/article/view/195>. Date accessed: 09 may 2024. doi: https://doi.org/10.25077/rk.7.1.15-24.2023.